Please Wait...

Yuk, Ganti Kantung Plastik dengan 5 Tas Belanja yang Fashionable  

By kriakreasi

Nov 23 2018

Fashion

SHARE THIS VIA:
Facebook

Twitter

Pinterest

Beberapa hari lalu ada satu pemberitaan bangkai paus sperma terdampar di Wakatobi, Pulau Kapota, Sulawesi Tenggara. Mirisnya lagi di dalam perut bangkai paus tersebut ditemukan sampah seberat 5,9 kilogram sampah plastik. Sampah tersebut terdiri dari 3,26 kilogram tali rafia, 4 botol plastik (150 gram), 115 gelas plastik (750 gram), 2 sandal jepit (270 gram), 25 kantong plastik (260 gram), dan 19 plastik keras (140 gram).

Membaca berita tersebut, sontak saya melirik tumpukan plastik dan botol plastik di rumah. Sedih rasanya, berapa banyak sampah plastik yang sudah saya ciptakan. Iya sih, saya buangnya di tempat sampah. Tidak menutup kemungkinan kan, sampah plastik itu dari tempat sampah rumah terbuang ke laut atau ke tempat yang nggak semestinya. Sampah plastik itu sangat mungkin termakan hewan dan bisa membuat si hewan mati mengenaskan.

Saya jadi merasa dzolim ketika masih saja memakai plastik berlebihan. Kendati sudah berusaha mengurangi penggunaan plastik dengan membawa tas belanja sendiri ketika ke pasar atau belanja bulanan. Padahal penggunaan plastik seharusnya diminimalisir. Kampanye pengurangan plastik hanya berpengaruh pada beberapa kalangan saja.

Saya termasuk orang yang sedang mengurangi penggunaan plastik dengan cara membawa tas belanja sendiri. Meski di beberapa tempat belum familiar dengan kebiasaan tersebut. Saya pernah berbelanja di sebuah supermarket. Ketika membayar di kasir, saya sodorkan tas belanja. Si kasir bengong dan bertanya ”Pakai ini, Bu?” saya mengangguk. Artinya belum banyak orang yang menggunakan tas belanja sendiri.

Kamu sendiri bagaimana? Apakah sudah mencoba mengurangi penggunaan sampah plastik? Bisa lho dimulai dari diri sendiri, salah satu caranya dengan membawa kantung belanja sendiri ketika berbelanja. Malahan ketika kamu membawa kantung belanja sendiri lebih terlihat fashionable ketimbang membawa kantung kresek. Kalau bukan dari diri sendiri, dari mana lagi kita mencoba mengurangi sampah plastik. Betul betul betul…

Kamu bisa membeli tas belanja itu di online shop atau memanfaatkan goody bag seminar boleh juga. Tas belanja ini terbuat dari bahan atau kain yang bermacam-macam ya.  Berikut ini adalah jenis-jenis tas belanja yang cantik dan bisa kamu jadikan pilihan ketika hangout.

  1. Tas bahan katun

Tas belanja bahan katun ini bisa juga jadi pilihan lho. Motifnya pun beragam dan fashionable. Tas bahan katun ini bisa kamu pakai sehari-hari sebagai totebag atau bisa juga kamu lipat dan dijadikan tas belanja. Praktis banget. Kamu bisa memilih tas katun dengan baeragam motif. Banyak kok tersedia di online shop.Yuk cuss belanja tas lipat katun, jangan lupa beli yang produk lokal ya. Harganya nggak mahal kok kisaran Rp 20.000 saja.

  1. Tas kanvas

Karakter bahan kanvas adalah tebal dan kuat. Kanvas sudah banyak digunakan untuk bahan jaket dan tas. Kamu juga bisa memilih tas berbahan kanvas untuk tas belanja. Ada tas kanvas polos atau motif pilih sesuai selera ya. Jenis kanvas pun berbeda-beda, untuk tas belanja disarankan kamu memilih jenis kanvas yang tidak terlalu tebal sehingga mudah dilipat. Harganya sedikit lebih mahal ketimbang tas bahan katun.

  1. Tas parasut

Salah satu kelebihan tas berbahan parasut adalah ringan dan dapat dilipat kecil. Sehingga tidak makan tempat atau memerlukan ruang besar ketika dimasukkan ke tas utama. Namun tas bebahan parasut ini lebih tipis dan rentan sobek. Jadi, kamu perlu hati-hati jika menggunakan tas belanja berbahan parasut ini.

  1. Tas Spundbond

Lebih dikenal dengan tas furing. Jenis tas ini memang tidaklah sekuat kanvas atau katun. Ini adalah jenis tas belanja yang paling banyak ditemui. Ringan, mudah dilipat, dan tidak makan tempat adalah alasan mengapa tas paling disukai. Biasanya toko-toko retail menyediakan tas jenis spundbond sebagai pengganti tas belaja, namun kamu harus membelinya lebih dulu.

  1. Tas Blacu

Tas blacu biasanya berwarna putih kelabu. Tas jenis ini lebih tebal ketimbang tas spundbund dan lebih tipis dari kanvas. Tas blacu juga banyak disukai sebagai pengganti tas belanja, karena harganya murah jika dibandingkan kanvas dan karakter tas yang kuat dan kokoh sehingga tidak masalah jika membawa barang berat. Asalkan kamu tidak membawa batu sungai, Insya Allah tas ini awet. Hehehe.

Nah, ada beragamkan jenis tas belanja yang bisa kamu pilih. Dan pastinya tas belanja ini kebanyakan adalah produk lokal. Jadi kamu bisa melestarikan alam dengan mengurangi penggunaan sampah plastik sekaligus menggunakan produk lokal.

Comments 10

  • Juli November 26, 2018 at 4:56 am

    Aku jg masih pake plastik mbakk, pengen beralih dehhh….
    Tas bahan katun banyak kok dijual ya, pengen coba beliii…

    Reply
    • kriakreasi November 26, 2018 at 5:02 am

      Iya mari kita pelan2 beralih.. aku juga sedang belajar…

      Reply
  • Fendi November 26, 2018 at 8:59 am

    Baca artikel ini jadi keinget kasus Paus yang di perutnya dipenuhi sampah. hiks

    Reply
  • Fendi November 26, 2018 at 9:00 am

    Baca artikel ini saya jadi keinget paus yang di perutnya berisi banyak sampah..

    Reply
  • Dian Radiata November 26, 2018 at 3:36 pm

    Di ranselku selalu sedia tas lipat kecil yang berguna banget buat bawa barang belanjaan kalo lagi traveling. Belajar untuk mengurangi sampah plastik..

    Reply
  • dananwahyu November 26, 2018 at 10:17 pm

    pengalaman ngegembel ke filipina kmrn, ternyata negara itu sadar banget dengan limbah plastik, disana sudah mengganti plastik dengan bungkus kertas . Kalau mau snorkeling nggak boleh bawa botol aqua harus tumbler

    Reply
    • kriakreasi November 27, 2018 at 6:13 am

      Sebenernya lebih irit juga sih kita bawa botol minum sendiri…..iya nggak sih…

      Reply
  • Lina W. Sasmita November 27, 2018 at 12:42 am

    Di rumah ada tas yang ramah lingkungan buat belanja, eh dipakai suami buat tempat pernak-pernik dokumen kantornya. Jadilah pakai plastik lagi.

    Reply
  • Citra November 27, 2018 at 12:53 am

    Aku suka tas canvas sama parasut kak… Apalagi sekarang sudah ada yang bisa di packing eh disimpan dengan mudah jadi bisa langsung keluarkan saat belanjaa… Go green

    Reply
  • Sri Murni November 27, 2018 at 4:19 am

    Setuju bgts dengan gerakan no kantong plastik. Cuma kadang aku suka lupa bawa tas sendiri. Kalau di pasar, yg jual suka heran kalau kt bawa tas sendiri, da. Tetap aja dikasih tas plastik

    Reply

Post to Reply